Rabu, 20 Februari 2013

SISTEM KONEKSI INTERNET




A.      Baseband

         
Pita basis (bahasa Inggris: baseband) adalah sebuah metode penggunaan media komunikasi yang frekuensinya dilewatkan melalui suatu pembawa (carrier) untuk mengalirantarkan (transmit) data.
Oleh karena itu, dalam satu media tersebut hanya terdapat satu sinyal yang berisi informasi. Salah satu contoh pengguna metode pita basis adalah ethernet. Sedangkan, lawan pita basis adalah jalur lebar.

B.      GPRS

         
General Packet Radio Service adalah sistem koneksi Internet yang menggunakan perangkat GSM. Dengan GPRS, panggilan voice dapat dilakukan secara bersamaan dengan transmisi data. Nama lain dari GPRS adalah GSM-IP (GSM Internet Protocol), karena menghubungkan pengguna dengan ISP.

C.       Wave LAN

         
Teknologi untuk koneksi Internet ini cukup populer di kalangan warung Internet dan perkantoran. Wave LAN cocok digunakan untuk lokasi yang belum atau sulit terpasang instalasi kabel telepon, pada jaringan sementara, dan kondisi khusus lainnya. Teknologi yang ada pada Wave LAN merupakan teknologi transmisi data menggunakan media radio yang dikenal sebagai Code Division Multiple Access (CDMA).

D.      Dial Up

         
Sistem koneksi Internet paling populer ini, digunakan oleh mayoritas pengguna Internet di Indonesia. Sistem ini dikenal simpel dan mudah digunakan. Kelemahan yang paling mencolok dari sistem koneksi ini adalah biayanya. Untuk biaya koneksi Internet, harus dihitung biaya dial up ke ISP dan pulsa lokal ke jaringan telepon.

E.       Broadband

         
Secara sederhana,broadband bisa diartikan pita atau 'jalan yang lebar untuk koneksi internet, sehingga memberikan akses yang jauh lebih cepat dibandingkan koneksi dial-up. Awalnya berupa ISDN (Integrated Services Digital Network) yang memiliki dua varian, yakni BRA (2B+D) dan PRA (30B+D), dilanjutkan dengan layanan broadband menggunakan teknologi ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line). Varian XDSL ini menjadi pilihan pertama untuk penetrasi broadband, jauh melampui penetrasi coaxial cable modern yang sudah terlebih dahulu diperkenalkan. (YDI: kompilasi PC Media).


F. CDMA

            Jaringan CDMA bisa menjadi alternatif untuk berinternet menggantikan GSM/3G.
Data  lengkap dial operator CDMA di Indonesia:

1.     Smart/SmartFreen      : Dialen Number #777Username smartPassword smat
2.     StarOne Indosat         : Dialen Number #777Username staronePassword   indosat
3.     Mobile-8 Fren            : Dialen Number #777Username m8 dan password m8    untuk pelanggan interent biasa, bagi pengguna MoBi gunakan username dan password yang disediakan saat membeli Starter Pack
4.     Esia dan AHA             : Dialen Number #777Untuk esia username dan password adalah esia, sedangkan untuk AHA usrname aha@aha.co.id sedangkan passwordnya adalah aha
5.       Setting Global CDMA       : Dialed number (#777), username (cdma), password (cdma).Dialed number (#777), username  (wap), password (wap ). Dialed number (#777), username (m8),   password (m8).

(Meski tidak menggunakan operator Mobile-8, settingan ini bisa dipakai untuk beberapa operator CDMA seperti Flexi)



































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar